Sunday, November 11, 2012

SEJAUH IKAN SALMON BERENANG, AKHIRNYA BALIK KE SUNGAI


Ternyata bukan cuma burung Bangau aja yang ‘terbang ke kandang setahun sekali.”  Tapi ikan Salmon juga.

======================================
Secara kebetulan, gw sempet denger 2 ikan Salmon ngobrol di Samudera Luas.

Salmon 01:  eh, kenapa sich kita musti balik lagi ke sungai cuman buat nelor doang.  Ini kan jauh banget.  3000 mil sist’... Kita kan bisa nelor deket-deket sini.

Salmon 02.  Udah kodrat kita.

Salmon 01.  Termasuk mati abis nelor ?

Salmon 02.  Ya iyalah, masa ya iya dong...

Salmon 01. Loe ngga pernah mikir untuk mutusin semua kegilaan ini ?

Salmon 02.  Maksud loe ?

Salmon 01.  Maksud gue mutusin kodrat yang mengharuskan kita balik lagi ke sungai tempat kita menetas, dan meletakin telor yg kita bawa ini, untuk kemudian mati karena keabisan energi.  Loe ngga kepengen ngeliat luasnya samudera ini lebih lama lagi ?

Salmon 02.  Pernah sich

Salmon 01.  So, tunggu apa lagi.  Sekarang saatnya.  Kita taro aja telor-telor ini di sini, terus kita istirahat dikit, baru ngelanjutin pengembaraan.

Salmon 02.  Biar deh  gue milih nerusin tradisi nenek moyang kita.  Kalo loe mau pergi, silahkan loe pergi aja.

Salmon 01.  Gimana sich loe, plin-plan amat.  Katanya kepengen mengembara lebih jauh.

Salmon 02.  Ini bukan soal plin ato plan sist’ tapi soal pengorbanan.  Coba bayangin kalo nenek moyang kita ngelakonin apa yang loe pikirin, udah pasti kita ngga pernah ada.  Kita udah lama punah.


  ======================================

Ikan Salmon memang salah satu mahluk air yang unik.  Dan sampe detik ini gue belom pernah tau kalo ada ikan Salmon yang teridentifikasi ‘memutuskan’ kodratnya.

Lewat perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi kita bisa melihat begitu banyak keajaiban alam dan mahluk-mahluk hidup lainnya. 

Sebagai salah satu mahluk Tuhan, bisa dibilang kita adalah keajaiban.  Kita adalah Mahakarya paling fenomenal yang tiada taranya di banding mahluk-mahluk ciptaan lainnya.  Ya, karena kitalah Sang pencipta menghadirkan alam semesta beserta isinya.  Karena bukan demi ayam-lah manusia diciptakan, melainkan demi manusialah ayam harus hadir di muka bumi.  Bukan demi samudera yang luaslah manusia itu ada, tapi demi kitalah samudera itu diciptakan.

Kita dianugerahkan kekuasaan oleh Yang Maha Kuasa untuk memutuskan, bahkan merubah kodrat dan takdir.  Kita juga di beri kuasa untuk melenyapkan, atau memperbanyak sumber-sumber alam, serta mahluk hidup lainnya.

Persoalannya, justru kita jugalah satu-satunya mahluk yang punya hasrat paling liar untuk menguasai seluruh sumber alam.

Dengan bertameng etika dan moral, kita justru mempraktekan prinsip hukum rimba: “Yang terkuat yang bertahan”

Kalo ikan salmon rela berkorban demi kelangsungan hidup generasi mendatang, kita justru mengorbankan generasi mendatang demi kelangsungan hidup kita.

Masa sich kita lebih ‘rendah’ ketimbang ikan Salmon.....?  Cius....?

3 comments:

petzo said...

hmm penguasa diri gw dulu tuh anjing gw .

1. klo lg libur kerja , pengen bangun siang . jam 7 pagi si anjing udh gedar gedor pintu kamar . terpaksa , nurut bangun pagi

2. klo pulang malem , si anjing pengen diajak jalan2 . terpaksa , lari2 nemenin olahraga

3. klo si anjing lg ga mood makan nasi. terpaksa, order Pizza .

4. klo si anjing lg pengen menjajah tempat tidur ditengah . terpaksa, gw melipir nempel di tembok .

hmmm jd ga dlm setiap hal manusia itu penguasa atas mahluk lainnya.

btw jd teringat masa muda
(cuihhh ,udh tuir nih gw)
dulu jaman masih sekolah ,
klo gw pulang malem, ama babe
langsung dirante di depan gerbang rumah .
apalagi keluyuran naek mobil/motor tanpa SIM kyk anak2 jaman skrg .
bisa2 di gantung di poon jambu dah gw .

Obin said...

wkwkwk..bokis loe. entu kan lantaran nt sayang ama dogy nt. Pan tetep aja ente yg mliara si-dogy. bkn dogy yg 'mliara' nt. Moso sich dogy juga yg nyuapin nt mae'm...hehehe

loe tuye,..kadang2 lebih syaraf ktimbang gw. moso babe loe kudu digambarin kejem gitu. lah emank loenya yg dodol. penganut mafia-isme, hehehe...piiiisss..

petzo said...

kayaknya kami saling memelihara waktu itu ... heuheuheu ...


bokap gw emg kejem . mknya gw juga kejem . spt bapak spt itu jg anaknye . hwakakakakakak