Tuesday, March 27, 2012

5 ALASAN KENAPA ORANG MANADO OGAH DEMONSTRASI


Mungkin orang sering bertanya kenapa di Manado tergolong paling sedikit demonstrasi.

Ketika masyarakat di daerah laen udah jadi lautan manusia karena demonstrasi soal isyu Nasional, orang Manado malah asyik nongkrong di depan TV sambilan ngunyah cemilan.  Hehehe,….

Malah, saking geramnya mahasiswa daerah ‘tetangga’ sama melempemnya kaum muda Manado merespons isyu Nasional, mereka sampe mengirimkan BH & CD  pada salah satu Universitas Negeri terkemuka di daerah ini, sebagai kritikan.
V.V. Tengker

Kalo ngga salah, demo paling up tu date yg dibuat orang Manado adalah persoalan yang berbau sangat subjective: mengaspirasikan keluh kesah Pak Rektor.  Hehehe,…. (koq gue ketawa ya..?)

Tapi, kenapa sich orang Manado terkesan ogah-ogahan ngelakonin Demonstrasi…?

PERTAMA, orang Manado banyak yang males berpanas-panas ria.  Takut kena kanker kulit.  Lagian, menurut mereka, yang biasa dijemur kan ayam aduan sebelum diadu sebagai ‘ayam box’

KEDUA, gimana mo demo, lah wong baru ngajuin pemberitahuan demo ke polisi, udah diajak main demo-demoan, alias simulasi. “Kan kalian bisa berekspresi juga, sambil nendang perisai polisi..”  Begitu kata sang komandan.  Jadi gitu deh.  Demo asli No..!  Demo-demoan, Ok..!!

KETIGA, biarpun mau teriak-teriak sampe urat leher putus, paling yang denger DPRD.  And then, anggota DPRD yg berjejer di etalase kaca kantor sambil meluk dada (niruin gaya burung hantu…) akan berkata dengan penuh wibawa: “Aspirasi kalian akan kami simpan di lemari kami yang kebetulan kosong melompong…”
Jadi gitu dech,..Suara sekenceng apapun, ngga bakalan nyampe pintu gerbang istana.  Kalo istana tude mungkin (ini merek rumah makan coy…)

KEEMPAT, ini factor histori.  Soalnya Manado gak pernah ada kendaraan bemo.  Jadi demo terkesan barang asing.

KELIMA, orang Manado cuma doyan demo masak sama demo makan.  Buktinya, waktu mau masuk record MURI utk demo bakar ikan terbanyak, ngga susah ngumpulin 5000 orang.  Tapi kalo demonstrasi utk isyu Nasional, mau cari 50 orang aja harus pake ancaman sedikit. “Ngga demo ngga lulus mata kuliah ini itu lo…”

Bukan cuma itu boo,..kan loe pernah denger ritual ‘Pengucapan…’ ?  Ah, masa ngga tau sich,..itu tuh, yang tiap orang kalo berkunjung ke daerah yang pengucapan, pulangnya dapet nasi jaha sama dodol.  Nah,..inget kan.  Puluhan ribu orang ngumpul sendiri tuh coy tanpa undangan.

Makanya sampe ada dagelan: “Kalo orang Padang pergi ke suatu daerah, mereka pasti ngincer lokasi untuk buka rumah makan.  Tapi kalo orang Manado pergi ke daerah laen, yang dicari pertama pasti tempat makan….hehehehe…..
J. Rorimpandey

Masih ada lagi man..!! 2 dari 3 juri Master Chef Indonesia 1 kan orang Manado……hehehe,…bener ngga teori gue..???

Jadi, udah tau kan kenapa orang Manado paling maleeessss banget di suruh demo.

Halo orang-orang Manado,…piiiss aja yeee……hehehe….

5 comments:

petzo said...

d* melintassssssssssssssssss *

gw lupa di daerah mana ,kemaren gw baca di kaskus, gerombolan dateng ke DPDR dengan muka garang .
nyampe sono disambut ama 2 penyanyi dangdut yg maknyooosss plus musiknyeh .
goyang jempol dah pada tuh .kagak jd demo BBM .



btw thx for the email . udh terima tp belon sempet diapa2in . selesain tugas utama dolo dah .yukkkk mariiiiii * kembali bersih2 pelataran neraka *

petzo said...

saking2 buru2nya ampe gw salah2 nulis .maklumin yeee brooo .

Obin said...

alow sob. udah lama ya...!!sory rada lama. Maklum neh.

tx neh sob for all u'r koment. Mungkin gue mau semedi beberapa bulan dulu.



Hehe,..gak salah nulis koq (nt ngga nyinggung mba Sabrina yg salah koment kang..? hehehe...)

Obin said...

alow sob. udah lama ya...!!sory rada lama. Maklum neh.

tx neh sob for all u'r koment. Mungkin gue mau semedi beberapa bulan dulu.



Hehe,..gak salah nulis koq (nt ngga nyinggung mba Sabrina yg salah koment kang..? hehehe...)

petzo said...

wekekekekek gw udh tebak sih elu bakal melipir dulu untuk beberapa lama . take your time bro . tetep semangat yaks !


gw salah tulis ituhhh .saking buru2nya dari DPRD jadi nulis DPDR .hehehehe .