Tuesday, January 24, 2012

FROM BITUNG TO KOTAMOBAGU WITH UETA


Apaan sich hoby..? Gue terjemahin ala gue aja yee.  Hoby adalah aktifitas yang ‘normal’ bagi pemilik, tapi ‘abnormal’ bagi pihak lain, yang dilakukan secara rutin, dengan/atau tanpa pertimbangan ekonomi.
Terima aja ya,..gak usah protes sama definisinya. 

Apa loncat ke jurang puluhan meter cuma dengan ngiket pergelangan kaki merupakan aktifitas normal buat orang yang ngga hobi…?

Apakah para mancingkers merupakan kumpulan orang oon’ yang bego ngitung selisih antara beli ikan di pasar sama ongkos operasi mancing yang mungkin mencapai puluhan juta…? Hehehe….harga sebiji alat pancingnya aja sampe jutaan.  Belom sewa kapal. Mo ngomong perhitungan ekonomi…?

Apa sich yang diperoleh setelah hoby terlaksana..?  Yah, emang banyak hoby yang memberi nilai tambah, tapi ngga sedikit yang mengeluarkan budget tambahan.  Tapi pastinya ada kepuasan pribadi yang buat orang lain ngga ngaruh sama sekali.

Gue misalnya, bangga banget bisa nidurin 98% puncak gunung di Sulut (kecuali Awu dan Karangetan).  Tapi kan kebanggaan gue gak punya arti apa-apa buat orang yang ngga doyan mendaki gunung.

“Cuma buang energy percuma.  Naek, terus turun lagi.” Gitu seloroh mereka

Nah berkaitan dengan hoby tadi, pada tanggal 21 – 22 january 2012, gue ama temen-temen pabrik ngelakonin hoby tualang pake motor, yang bertajuk:

“From Bitung To Kotamobagu With Ueta”

Oh ya, ini daftar temen-temen gue yang ikut serta: jangkrik, boto-boto, kakerlak, rie-rie,…upss,..sory..sory.  Salah.  Hehehe,..soalnya gue baru nonton saluran TV Manado, jadi terpengaruh di tulisan (aduh, males mau ngapus….).  Nidia nama-nama yang sebenarnya: Kazumichi Ueta, Yudri Mangkey, Tomi Paulus, Fernando Kilapong, Bobi, Dani Palilingan, Jani Poluan, Apeles Lasut, Jun Wori, Santria Posumah, Rival Waroh, Meike Janis, Nita Darome, Hamdan Mamonto, Jefri Malombeke, Novi Tulandi and gue.

Btw, kenapa judulnya “……..With a Ueta..?”

Gue jelasin dikit.  Kazumichi Ueta merupakan perwakilan owner Jepang yang ditempatkan di PT. Celebes Mina Pratama, guna bekerja sama (sekaligus mengawasi)pekerja-pekerja Indonesia-termasuk gue-dalam mengolah dan mensuplai produk ikan kayu ke Perusahaan induk di Marukhei Kathuobushi, Jepang.

Orangnya flexible, murah hati and low profile.  Tapi kalo soal kerjaan, yah, tau sendirilah style-nya Jepang.  Nguber and perfect.

Sebenarnya perusahaan tempat kita kerja aman-aman aja, hingga awal Januari 2012.  Terjadi  ketidak sepahaman antara CMP 01 dan 02, yang dalam hal ini adalah sesama pemegang saham.  Presiden Direktur dan Vice President.

Ibarat pepatah, Kingkong Vs Godzilla, yang berpotensi  jadi korban adalah para mahluk imut dan menggemaskan seperti kita-kita ini, para karyawan.

Lantaran kita harus memposisikan diri di pihak netral, ngga ke President, tapi ngga juga ke Vice-nya, ketika situasi mengarah jadi lebih hangat (sehangat pantat ayam…), maka beberapa dari kita yang tergolong beken (bekas kenek..)mutusin untuk ngelepas suntuk dengan melakukan Tour ke-3, ke Kotamobagu.  N’ lantaran Ueta juga pengen ikut, maka judul Tournya kita bikin seperti yang tertulis di atas, gitcu.



Rute

Bitung – Tenggari – Tondano – Remboken – Langowan – Ratahan – Belang – Basaan – Ratatotok – Kotabunan – Modayag – Kotamobagu – Amurang – Malalayang – Bitung.

Perkiraan jarak : 400 km

Kendaraan: 12 motor, 1 mobil dan 1 bendi (yang ini terpaksa batal karena kudanya minta gentian naek motor…hehe)

Kronologis

Kami berangkat dari Bitung tgl 21 jan 2012, pkl 14.15 Wita. Gerimis kecil cukup bikin deg-degan saat siap berangkat.  Gimana ngga, masa blom apa-apa udah harus basah.  Tapi syukur cuma syok terapi.  Gerimis berhenti waktu perjalanan masuk Sagrat. 

Waktu siap, 1 peserta terpaksa mundur karena satu dan lain hal.

Selepas Ratahan, ada insiden kecil yang melukai  kaki salah satu bikers, yakni Janni Poluan.  Doski nyungsep sama motornya setelah ban depannya masuk lubang yang cukup dalam. Sambil becanda, beberapa temen ngoceh,

“Yang bener aje om, masa lobang jalanan di sikat juga sich, udah bosen ama lobang yang biasa….?? hehehe…”

Becanda coy..!

Sampe di Ratatotok pkl 17.45 Wita.  Kami istirahat di Rumah Adat Minahasa milik adik kandung Bpk Ody Worang di Ratatotok.  Makan, ngopi, sedikit minkers, tidur.  Ada beberapa yang susah tidur lantaran pengen nyari kesempatan ngambil gambar mahluk-mahluk imut yang udah ngorok dan mengeluarkan cairan bau dari mulut hingga membentuk gugusan pulau seperti Lembe dan Pulau Kalimantan. (iler,..dodol..!!)
Malah ada salah satu anggota yang lantaran udah sedikit mabok, ngelindur sambil ngeluarin jurus-jurus kung-fu ala Wong Fei Hung.  Hiaaaat….coba ona ini tendangan tanpa bayangan reen…!! (Hehe…kiapa so bahasa Amurang…)

Tgl 22 Jan 2012, pukul 05.00 Wita kita ngelanjutin perjalanan, setelah sarapan supermi rasa Sogili Bawang (hehe..cari jo..).  Kita nembus kepekatan malam nan dingin sambil menyimpan dendam tidur yang kurang lengkap (soalnya waktu tidur, mata sebelah ketutup, sebelahnya kebuka…)

Pukul 08.15 Wita kita masuk gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang Di Kotamobagu”

Pukul 09.30 kita ngopi and ngeteh di RM Bobara, lalu ngelanjutin perjalanan ke rumah orang tua salah satu peserta, Hamdan Mamonto.  Makan jagung rebus and nenggak coffee mix plus susu kental manis.  Sambelnya man,..extra pedas.  Kenyang, salaman, say thanx, and go to Manado.

Pukul 15.00 Wita kita tembus Kalasey.  Trus makan di RM Tegal. Ada yang sedikit konyol waktu mesen menu minuman.  Hehehe,…ada yang pesen juice nasi loh coy.  Bisa ngebayangin gak tuh gimana rasanya..? huahaha,..bilang aja pesen bubur.  Dodol….!!

Sambil nyeruput es kacang brenebon, gue muter lagunya Pasto feat Milka,

Kutatap dua bola matamu, tersirat apa yang terjadi,…
Oh sayangku, aku tak mau,..
Ku tau semua akan berakhir,…tapi kutak rela lepaskanmu….

Reff…….salahkah bila diriku, terlalu mencintaimu,..
Jangan tanyakan mengapa, akupun tak tahu,…

Selesai.

Trus,…apa hikmah dari perjalanan singkat tersebut…? Puas and cape.  Gitu doang,..pake hikmah-hikmah segala.  Emang Kultum…

Sampe ketemu di Tour selanjutnya. Gorontaloooooo,……wait for us…!!!

3 comments:

petzo said...

iiikoooootttt ikkkoooootttttt !!!!!
* lempar topi * sialll , gw belon bisa cuti !

yep .kite2 mah netral aja dah .
ga ikut2an ribut2nya dah .
jempol dah buat Mr.Ueta .
mau ikut jalan2 n gabung ama karyawan .
keep up the good work sir !


doain ya bro gw resign n bisa travelling lagi
gileee kering nih gw dijakarta molo :(


hehehe dapet istilah baru nih ,
juice nasi aka bubur .hahahaha




* nangis di pojokan dinding * ikooootttttt .....

Anonymous said...

wah bin .. ngana pe tulisan bikin jiwa petualang jadi bergolak nih .. salut bro ..

Putri antartika said...

Saya suka saya suka