Saturday, August 6, 2011

DI KESENYAPAN KAKI GUNUNG 2 SUDARA


Di pinggiran Kota Bitung, Kelurahan Wangurer Timur.  Pas di kaki Gunung 2 Sudara.
Gunung 2 Sudara dari PT. Celebes


6 Agustus 2011. Pukul 16.00 Wita


(sebenernya lagi ngga mood nulis….…eh,..ada ide yg ketangkep)


Gue ngga tau mau ngapain. Kopi black gue baru aja abis gue seruput sama sedikit ampasnya.  Baru juga aja abis sms ponakan, ngucapin selamat HUT-nya yg ke-17.  Ng-sms Lorin, ade bungsu gue yg baru merit ama si-Ucok yg doyan basket.  Iihh,.. gak di reply. Ngga apa. Mungkin sibuk.  Bête, gue nyalain TV. Uuh,…bosen. Lagi-lagi berita kekerasan. 21 orang di Papua Meninggal bunuh-bunuhan lantaran pilkada. Kasihan. Sedih. Trenyuh. Orang-orang sederhana yang ngga tau kenapa harus saling bunuh, malah jadi korban.  Koq mahalan pilkada ya daripada darah manusia…???


Padahal kalo mereka tau yg terjadi setelah ‘calonnya’ jadi,..uuhh,…paling dicuekin. Malah mungkin dihianatin.  Yah,..memang ‘orang-orang kecil’ yang polos selalu jadi komoditi mainan kaum berjois. Kaum cerdik pandai. Heh, jadi inget cerita kancil nyebrang sungai sambil ngeloncatin buaya. 


Orang pinter. Keliatan lemah gemulai dan bertutur bahasa sopan. Tapi licinnya minta ampun (uuuhhh,…untung gue ngga pinter-pinter amat. Emank sich,.. nilai Matematika Amat selalu lebih tinggi dari gue. Dia 5, gue 3…)


Bosen ngobok-ngobok  4shared buat ngunduh lagu. Puter sono,..puter sini (kalo ada bini gue sih asyik main puter-puteran….hahahaha….).  Tiba-tiba temen gue ribut.  Gue kirain ‘anu’-nya kejepit retsleting lagi (ngga tau tuh,..’anu’-nya doyan banget dijepit retsleting…hehehe).  Manggil gue ke laptopnya.   


Astagfirullah,….minta ampun, ada FB yang muatannya  ajang hujat menghujat Agama.  Minta ampun Gusti,….ono apa iki…? Agama itu kan keyakinan kepada Yang Maha Kuasa.  Jalan kebaikan menuju keindahan. Koq dipake utk saling hujat sih..? dipake untuk saling membusukan.  Piye toh…?
Ngga keitung temen aku yang sekarang njalanin ibadah Puasa.  Si- Achmad, Arif, Syachrial, Imron, Sudarman, Hamdan, Aziz, Halimah, Veronika….duh, masih banyak.  Ngga pernah saling hina. Saling caci. Malah saling tolong kalo kesusahan, saling menguatkan kalo ada yang sedih.


Waktu salah satu temen Nasrani mutusin jadi Mualaf, gue juga ngga kebakaran jenggot.  Ngga sakit beri-beri ato hipertensi.  Lah wong itu pilihan idupnya.  Apa urusan gue….???


Knapa sich kita susah banget terima kenyataan kalo perbedaan itu emank harus ada.  Kenapa kita gak bisa nrima Islam, Kristen, Hindu, ato Budha sebagai  keindahan yang  memperkaya  wawasan kehidupan.  Yang bikin Bima Sakti lebih merona sebagai tempat hidup yang kita tongkrongi bersama.  Kenapa kita ngga bisa…?


Mungkin bukan kita gak bisa.  Tapi kita gak mau. Itu benang merah pemisahnya.


Yang Kristen sok-sokan alergi waktu ndenger azan Maghrib.  Padahal yang bersangkutan selalu complain soal persembahan yang harus di cemplungin ke pundi-pundi Gereja.


“Ah gue males ke Gereja sono, pundi-pundi persembahannya ada 7 biji. Berarti Rp. 7000.  Belom ongkos ojek. Iiih,…paling kurang nyiapin Rp. 13.000.”


Ato si-Andreas, Cuma melek waktu ‘Urapan Berkat’….selebihnya ngorok. Melek lagi waktu lagu Amiiinnnn ke-3.


Trus yang lain, selalu aja bawaannya curigation setiap Kristen bagi-bagi sembako.  Kristenisasi,..begitu isyu ditiup angin. Halooo saudara, sebangsa dan setanah air, Marilah kita telanjang bulat sama-sama,….lalu berdiri saling pandang (jangan ngeresss…), ada ngga yang bisa mbedain mana Islam, mana Kristen, Budha, ato Hindu…? 100% gue yakin kita ngga ada bedanya (kecuali kita udah saling kenal…..dodol..).  So what…?
Ngga telanjang nich. Coba tebak mana Kristen, Islam, dll...


Kan satu-satunya yang bikin kita beda adalah KEYAKINAN kita pada apa yang sama-sama kita sebut sebagai TUHAN.  Dan karena itu, kita punya ritual yang beda untuk menghadap Sang Khalik.


Kalo kita sama-sama ngangkat pedang, panah, tombak untuk saling bunuh lantaran Agama, kita malah lebih mirip BINATANG dalam rupa manusia.  Siluman Beruang pemakan jantung manusia.  Kita malah kehilangan apa yang sama-sama kita muliakan sebagai nilai-nilai kemanusiaan.  Sesuatu yang dititipin Yang Maha Kasih ke hati tiap umatNya.
Beda itu Indah. Seindah view di latar belakangnya


Ups, sory,..gue ngga lagi khotbah ato dakwah nih.  Cuma curhat sebagai bentuk keprihatinan koq.  Prihatin dengan tingkat kekerasan yang ngga pernah kunjung padam.  Karena buat gue, kekerasan ngga ada nilai keindahannya.  Cuma menyisakan dendam dan kepedihan.  Sebuah perasaan menyiksa yang tak mengenal kata AGAMA.


Malam semakin larut,…..beberapa karyawan PT. Celebes MPratama, Bitung udah mandi dan berbau harum.  Siap berangkat Tarawih.


“Bud, sembahyang buat perusahaan ye….!!” Tereak ass superv. wanita berbody subur yang pengurus Gereja di lokasi tempat tinggalnya.   
One for all, and all for One


Budi udah nyetarter motornya. Siap ke Mesjid dengan baju koko dan kopiah putih.


Sambil senyum, Budi ngangkat tangannya, lalu ilang di tikungan gelap.


Nun di kejauhan, siluet Gunung Dua Sudara yang baru menorehkan duka  karena meninggalnya 10 penumpang Heli,  mulai redup di telan kekelaman.


(wuih,..koq sempet-sempetnya gue keinget Almarhum Gus Dur. Sang Pahlawan Pluralis Indonesia.  Gus,…mata fisikmu emank payah.  Tapi hatimu,….gue saluuuttt)


Met njalanin Ibadah Puasa buat siapa aja yang mengimaninya. Termasuk sepupu-sepupu gue.


Woi… Jimmy Ticoalu,…masih di Dubai loe,…..kapan ke Manado….?


Lola,….Met Puasa (biarpun nt mungkin gak baca….)


Terinspirasi juga oleh my sweet friend, Linda Piries yg begitu pluralis. Met mudik lebaran (gue tau loe pasti mbaca blog gue…..tks yeee…).


Eh mpok, utk tulisan yg ini, please jangan bilang gue gokil yee…hehehe…(ntar geregetnya luntur..)


BERSAMA INI SAYA MENGUCAPKAN TURUT BERDUKA CITA YANG SEDALAM-DALAMYA ATAS MENINGGALNYA  10  PENUMPANG  HELIKOPTER  YANG  JATUH  DI HUTAN GUNUNG 2 SUDARA. SEMOGA KELUARGA YANG DI TINGGALKAN DI BERI KETABAHAN.


Mari serukan: Hentikan Perang dan Kekerasan di Tanah Indonesia.....!!!!

5 comments:

Petzo said...

haloooo pakkk !!!
ketemu lagi kite ^^

btw siapa tuh yg suka nyangkut resleting celananya ???? kata orang , no pic = hoakkkk .wekekekekek ....

hmm hmm dr dulu gw juga suka heran ama org yg ga bs ngeliat adanya perbedaan, terutama di indonesia ya . pdhal sejarah menyatakan bahwa kemerdekaan indonesia itu diraih atas kerjasama banyak suku dan agama . masyarakat indonesia umumnya belum menyadari , atau mungkin tidak mau menyadari , bahwa sikap n sifat yang membedakan itulah yg membuat kita tidak pernah maju . so sad :(

Obin said...

hay juga 'misterius' Petzo....ya, senang baca coment anda. Itu, temen kantor (mungkin kamu udah tau orangnya...)

emank di ampir tiap negara yg masyarakatnya begitu beragam suku & Agamanya akan selalu ditemukan perbedaan perspectif dlm soal2 kebangsaan. Tapi gw percaya Indonesia tercinta ini punya harapan besar utk bisa nrima perbedaan. butuh wkt sich. Cuman orang yg udah punya kesadaran tinggi juga harus ambil peranan dlm proses penyadarannya. Eh, btw, minimal kasih tau anda Man or Woman donk (Tebakan gw sich Man,..iya toh..?). Trims ya.

Petzo said...

bisikin pak namanya ...saya ga tau loh yang mana ...kan makanya minta potonya ...hehehehe

wah dalam hal ini saya agak berbeda pendapat nih . realistis , rakyat indonesia hanya malu mengakui bahwa pada dasarnya mereka masih belum bisa menerima perbedaan . ini akibat pendidikan yang kurang. pendidikan kurang ini malah gw liat dimanfaatkan oleh oknum2 untuk menangguk keuntungan . jika bisa meminta , gw minta indonesia terkena tsunami dan hanya anak2 kecil yang selamat . gw punya kenyakinan generasi tersebut bisa membentuk indonesia yang baru .

saat ini orang yang punya kesadaran tinggi hanya sedikit.
ga usah jauh2 , waktu era reformasi , waktu menjatuhkan pak suharto , para reforman itu berjuang dengan kesadaran harus bersatu .tp begitu masuk ke jalur kekuasaan .... hehehe lupa mereka ama tujuan reformasi dulu ...

weh kok gw jd ngelantur. ga terasa udah waktunya pulang . btw ane cewe di KTP .tp klo sikon membutuhkan terkadang ane jd cowo .... hehehehe

Obin said...

@Pet. Hehehe,..mau minta poto apanya,..? orangnya, ato 'yg sering kejepitnya' nich..?haha...kalo 'anu'-nya sich unduh di youtube aja. Masa gw mau poto 'gituan'.

Woooowww,..jgn donk. Masa musti sampe gitu, ditimpa tsunami....hehehe...mnrt gw, kebencian, dendam & amarah gak pernah nyelesein mslh scr tuntas. Genocide adlh naluri purba. Kasih sayang & pengampunan-lah titik yg memisahkan kt sbg manusia. Pendidikan penting. Tpi kmampuan mengasihi-lah yg jauh lebih penting....ah, sory gw bkn khotbah loh. cuma ngemukain sudut pandang aja. Beda itu indah kan....?

eh, btw, trus trank kalo mo bikin gw penasaran, nt berhasil. 'Cause gw emank penasaran. Tpi indra ke-6 gw udah mulai ngendus nt, dari perspectif nt sendiri. Mis, nt bilang ttg Suharto,..trus soal harapan nt supaya Indonesia ditimpa Tsunami lagi. Bhsa politik cuma dikit cewe yg doyan....hehehe..tpi tx for discus.

son cho said...

dongtam
game mu
http://nhatroso.net/
http://nhatroso.com/
nhac san cuc manh
tư vấn luật
dịch vụ thành lập công ty trọn gói
văn phòng luật
tổng đài tư vấn pháp luật
thành lập công ty
http://we-cooking.com/
chém gió
trung tâm ngoại ngữchẳng phân biệt được cao thấp, cũng không làm gì được nhau m trận chiến đấu của hai người kịch liệt, Nhạc Thành cảm thán không thôi, mà pháp bảo tiên khí trong tay hai người, toàn bộ đều là thượng phẩm pháp khí, cũng có thể thấy Tiên Đạo liên minh cùng Ma Đạo liên minh giầu hơn tán tu nhiều.

Trên không trung pháp bảo tiên khí ầm ầm kịch liệt, không ngừng có người ngã xuống, có người vận khí tốt một chút, có thể nguyên thần hóa thành một đạo kinh hồng bỏ chạy, vận khí kém thì thân thể tổn thất, cũng mất đi tính mệnh, đại bộ phận nguyên thần cũng không có cơ hội trốn ra.

Hai trăm người giao chiến, không đến một canh giờ, cũng chỉ còn lại không đến tám mươi người.

- Thượng Dương đạo hữu, các ngươi có ý tứ gì, tại sao còn chưa động thủ, không tới hỗ trợ chúng ta?

Trên không trung Thiên Thủy đạo nhân có chút tức giận, nhìn thấy mọi người dừng lại ở phụ cận cũng không ra tay, trong lòng cũng không khỏi tức giận.

- Thiên Thủy đạo hữu, chúng ta cùng chống đỡ một hồi.

Thượng Dương đạo nhân ôn hòa nói, trong tay thủ ấn đánh ra, ánh mắt lộ ra một tia lãnh ý.